Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran di Program Studi S2 Teknik Elektro terbagi menjadi:

Capaian pembelajaran umum, yaitu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi S2 Teknik Elektro, tidak tergantung peminatan. Capaian pembelajaran ini mencakup unsur sikap, pengetahuan, dan keterampilan umum.
Capaian pembelajaran peminatan, yaitu keterampilan khusus sebagai komplemen terhadap kompetensi umum yang harus dimiliki oleh lulusan Program Studi S2 Teknik Elektro untuk peminatan tertentu.

Capaian pembelajaran untuk unsur sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan khusus pada Prodi S2 Teknik Elektro dapat dilihat pada Tabel berikut

Sikap (semua peminatan)
CPL01Mengamalkan kode etik profesi
CPL02Mampu belajar dan bekerja secara mandiri maupun secara tim, baik sebagai anggota maupun pemimpin.
Pengetahuan (semua peminatan)
CPL03Menguasai konsep matematika sesuai dengan bidang kompetensi peminatan
CPL04Mempunyai pengetahuan dalam isu-isu terkini dalam bidang Teknik Elektro
CPL05Mempunyai wawasan dalam bisnis dan kewirausahaan
Keterampilan Umum (semua peminatan)
CPL06Mampu menganalisis dan memberikan solusi optimal untuk permasalahan terkini melalui pendekatan inter atau multidisipliner
CPL07Mampu membuat, mengkomunikasikan dan menyebarluaskan karya ilmiah yang berkualitas dan berstandar internasional, menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan.
CPL08Mampu mengelola penelitian sesuai dengan bidang kompetensi
Keterampilan Khusus
CPL09Mampu mengembangkan teknologi telekomunikasi, kendali atau elektronika cerdas dengan memanfaatkan teknologi eksisting, teknologi baru, dan kebutuhan industri
CPL10Mampu mengantisipasi arah perkembangan teknologi telekomunikasi dan kendali cerdas terutama terkait dengan isu-isu terkini.

Capaian pembelajaran Prodi S2 Teknik Elektro, beserta pemetaannya terhadap Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) bisa dilihat pada daftar berikut

SNPT (Sikap):

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

SNPT (Keterampilan Umum):

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara;
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

KKNI (Keterampilan Khusus dan Pengetahuan):

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.